Minggu, 17 Januari 2010

MATAKULIAH STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA

RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN
(RMP)

MATAKULIAH STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA

Penyusun

Dra. Main Sufanti, M. Hum.


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA,
SASTRA INDONESIA, DAN DAERAH

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 1-2
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan secara analitis hakikat strategi pengajaran.

I. Indikator
1. Menjelaskan istilah-istilah yang berkaitan dengan strategi pengajaran (pendekatan, metode, teknik, taktik, strategi, Proses Belajar Mengajar).
2. Memahami paradigma baru tentang proses belajar mengajar.
3. Memaparkan berbagai faktor penentu proses belajar mengajar: guru, siswa, kompetensi, materi pelajaran, media, sumber belajar, fasilitas, dll.
4. Menjelaskan peran masing-masing faktor tersebut dalam proses belajar mengajar.

II. Materi Ajar
1. Pengertian strategi pengajaran
2. Paradigma baru tentang PBM.
3. Faktor penentu PBM.

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa mempelajari hakikat strategi pengajaran dengan metode jigsaw.
b. Berdiskusi untuk mengidentifikasi berbagai pandangan tentang proses belajar dan mengajar, selanjutnya membaca referensi yang memuat pandangan baru tentang proses belajar mengajar..
c. Berpasangan untuk mengidentifikasikan berbagai faktor penentu PBM, mendeskripsikan peran masing-masing faktor, dan menyusun bagan keterkaitan berbagai faktor tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Bagan ”Keterkaitan berbagai faktor PBM”.
- LCD
2. Sumber Belajar:
Strategi Pengajaran Bahasa (Basennang Saliwangi).
Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tuli
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4
d. Contoh Soal Ujian Tulis
1) Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas PBM!
2) Buatlah bagan keterkaitan antar faktor dalam PBM!
3) Mengapa strategi pembelajaran perlu dikuasai oleh guru?
4) Jelaskan perbedaan pandangan lama dengan pandangan baru tentang peran siswa dalam PBM!
5) Apakah pembelajaran yang baik mesti membutuhkan fasilitas yang lengkap?

Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 1 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Memaparkan secara kritis kualifikasi, peranan, dan kompetensi guru.

I. Indikator
1. Menjelaskan kualifikasi guru.
2. Memaparkan peran, kedudukan, dan tanggung jawab guru dalam mengelola PBM.
3. Menyebutkan berbagai kompetensi guru.

II. Materi Ajar
1. Kualifikasi guru
2. Peran, kedudukan, dan tanggung jawab guru dalam PBM.
3. Kompetensi guru

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca UU Guru dan Dosen untuk memahami aturan tentang kualifikasi guru.
b. Mahasiswa berdiskusi untuk mendeskrispsikan kondisi guru saat ini dikaitkan dengan kualifikasi tersebut.
c. Dengan metode jigsaw mahasiswa memahami peran dan kedudukan guru dalam PBM.
d. Mahasiswa dan guru bertanya jawab tentang kompeteni guru yang tertera di UUD.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Bagan ”Keterkaitan berbagai faktor PBM”.
- LCD
2. Sumber Belajar:
- UU no. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
- Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
- Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh Soal Ujian Tulis
1) Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas PBM!
2) Buatlah bagan keterkaitan antar faktor dalam PBM!
3) Mengapa strategi pembelajaran perlu dikuasai oleh guru?
4) Jelaskan perbedaan pandangan lama dengan pandangan baru tentang peran siswa dalam PBM!
5) Apakah pembelajaran yang baik mesti membutuhkan fasilitas yang lengkap?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 4 - 5
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Memaparkan berbagai pendekatan baru dalam PBM.

I. Indikator
1. Menjelaskan pendekatan kontekstual.
2. Menjelaskan PAIKEM.

II. Materi Ajar
1. Pendekatan Kontekstual
2. PAIKEM

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan kontekstual dan PAIKEM.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang pendekatan contextual dan PAIKEM.
c. Mengobservasi terhadap guru atau dosen ketika mengajar, memberikan komentar berdasarkan pendekatan baru, dan melaporkannya.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Model Mengajar.
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Model2 Pembelajaran Inovatif (Sugiyanto)
- Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
- Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).


VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis (dalam mid semester)
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan kontekstual?
2) Sebutkan dua contoh pembelajaran yang telah menerapkan pendekaan ontekstual!
3) Apa yang dimaksud PAIKEM?
4) Bagaimana usaha-usaha yang bisa dilakukan guru untuk menerapkan PAIKEM?
5) Sebutkan contoh pembelajaran dengan PAIKEM!
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,

Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 6 - 7
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan konsep dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia.

I. Indikator
1. Memaparkan pendekatan komunikatif.
2. Menyebutkan ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia.
3. Mengidentifikasi SK KD dalam kemampuan berbahasa.
4. Menjelaskan Keterpaduan antar berbagai aspek kemampuan berbahasa.

II. Materi Ajar
1. Pendekatan Komunikatif
2. Ruang Lingkup mata Pelajaran BSI
3. SKKD mata pelajaran BSI
4. Keterpaduan antar aspek dalam

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan komunikatif dan meringkasnya, dan mendiskusikannya dengan teman dalam kelompok kecil.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang SKKD mapel BI memahami ruang lingkup materi BI.
c. Mahasiswa berdiskusi untuk memetakan keterpaduan antar berbagai aspek dalam pembelajaran BI.
d. Mahasiswa memberi contoh pembelajaran yang memadukan keterpaduan antar aspek tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Pendekatan Komunikatif (Al Wasilah)
- Pendekatan Komunikatif (Suyono).
- Linguistik Edukasional (Parera).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis (dalam semester)
1) Apakah yang dimaksud pendekatan komunikatif?
2) Berilah contoh pembelajaran yang menerapkan pendekatan komunikatif!
3) Sebutkan ruang lingkup mata pelajaran BI!
4) Mengapa pembelajaran bahasa perlu dilaksanakan secara terpadu?
5) Bagaimana cara yang bisa dilakukan guru dalam pembelajaran agar siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa yang baik?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 8 - 9
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan konsep dasar dalam pengajaran sastra Indonesia

III. Indikator
1. Memaparkan pendekatan apresitif.
2. Mengidentifikasikan SKKD dalam kemampuan bersastra.
3. Memberi contoh pembelajaran sastra yang apresiaif

III. Materi Ajar
1. Pendekatan Apresiatif
2. SKKD dalam kemampuan bersastra
3. Contoh pembelajaran sastra yang apresiatif

IV. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

V. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan komunikatif dan meringkasnya, dan mendiskusikannya dengan teman dalam kelompok kecil.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang SKKD mapel BI memahami ruang lingkup materi BI.
c. Mahasiswa berdiskusi untuk memetakan keterpaduan antar berbagai aspek dalam pembelajaran BI.
d. Mahasiswa memberi contoh pembelajaran yang memadukan keterpaduan antar aspek tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

VI. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Membaca, Menulis, dan Mengajarkan Sastra (Suwardi Endraswara)
- SKKD mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Metode Pengajran Sastra (B.Rahmanto)

VII. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4
d. Contoh ujian tulis
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan apresiatif?
2) Sebutkan 3 contoh kompetensi dasar dalam aspek kemampuan bersastra!
3) Sebutkan 3 contoh materi bersastra!
4) Buatlah contoh pembelajaran puisi dengan pendekatan apresiatif?
5) Apakah guru perlu memberi kebebasan kepada siswa dalam mengapresiasi cerpen?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,

Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 10 - 11
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menyusun strategi pengajaran kemampuan berbahasa

III. Indikator
1. Menyebutkan berbagai metode mengajar.
2. Menyusun skenario pembelajaran BSI dengan menerapkan berbagai metode
3. Mempraktikkan pembelajaran dengan menerapkan metode tertentu.

IV. Materi Ajar
1. Berbagai metode mengajar
2. Skenario pembelajaran
3. Praktik mengajar

I. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

II. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Meringkas buku tentang berbagai metode mengajar.
b. Berpasangan untuk menemukan keunggulan dan kelemahan masing-masing metode.
c. Berdiskusi dalam kelompok kecil memilih metode yang sesuai dengan pembelajaran bahasa, menyusun skenario, dan mempraktikkannya di kelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

III. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Membaca, Menulis, dan Mengajarkan Sastra (Suwardi Endraswara)
- SKKD mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Metode Pengajran Sastra (B.Rahmanto)

IV. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan apresiatif?
2) Sebutkan 3 contoh kompetensi dasar dalam aspek kemampuan bersastra!
3) Sebutkan 3 contoh materi bersastra!
4) Buatlah contoh pembelajaran puisi dengan pendekatan apresiatif?
5) Apakah guru perlu memberi kebebasan kepada siswa dalam mengapresiasi cerpen?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,



Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum



RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN
(RMP)


MATAKULIAH STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA


Penyusun

Dra. Main Sufanti, M. Hum.


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA,
SASTRA INDONESIA, DAN DAERAH

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 1-2
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan secara analitis hakikat strategi pengajaran.

I. Indikator
1. Menjelaskan istilah-istilah yang berkaitan dengan strategi pengajaran (pendekatan, metode, teknik, taktik, strategi, Proses Belajar Mengajar).
2. Memahami paradigma baru tentang proses belajar mengajar.
3. Memaparkan berbagai faktor penentu proses belajar mengajar: guru, siswa, kompetensi, materi pelajaran, media, sumber belajar, fasilitas, dll.
4. Menjelaskan peran masing-masing faktor tersebut dalam proses belajar mengajar.

II. Materi Ajar
1. Pengertian strategi pengajaran
2. Paradigma baru tentang PBM.
3. Faktor penentu PBM.

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa mempelajari hakikat strategi pengajaran dengan metode jigsaw.
b. Berdiskusi untuk mengidentifikasi berbagai pandangan tentang proses belajar dan mengajar, selanjutnya membaca referensi yang memuat pandangan baru tentang proses belajar mengajar..
c. Berpasangan untuk mengidentifikasikan berbagai faktor penentu PBM, mendeskripsikan peran masing-masing faktor, dan menyusun bagan keterkaitan berbagai faktor tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Bagan ”Keterkaitan berbagai faktor PBM”.
- LCD
2. Sumber Belajar:
Strategi Pengajaran Bahasa (Basennang Saliwangi).
Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tuli
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4
d. Contoh Soal Ujian Tulis
1) Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas PBM!
2) Buatlah bagan keterkaitan antar faktor dalam PBM!
3) Mengapa strategi pembelajaran perlu dikuasai oleh guru?
4) Jelaskan perbedaan pandangan lama dengan pandangan baru tentang peran siswa dalam PBM!
5) Apakah pembelajaran yang baik mesti membutuhkan fasilitas yang lengkap?

Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,

Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 1 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Memaparkan secara kritis kualifikasi, peranan, dan kompetensi guru.

I. Indikator
1. Menjelaskan kualifikasi guru.
2. Memaparkan peran, kedudukan, dan tanggung jawab guru dalam mengelola PBM.
3. Menyebutkan berbagai kompetensi guru.

II. Materi Ajar
1. Kualifikasi guru
2. Peran, kedudukan, dan tanggung jawab guru dalam PBM.
3. Kompetensi guru

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca UU Guru dan Dosen untuk memahami aturan tentang kualifikasi guru.
b. Mahasiswa berdiskusi untuk mendeskrispsikan kondisi guru saat ini dikaitkan dengan kualifikasi tersebut.
c. Dengan metode jigsaw mahasiswa memahami peran dan kedudukan guru dalam PBM.
d. Mahasiswa dan guru bertanya jawab tentang kompeteni guru yang tertera di UUD.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Bagan ”Keterkaitan berbagai faktor PBM”.
- LCD
2. Sumber Belajar:
- UU no. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
- Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
- Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh Soal Ujian Tulis
1) Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas PBM!
2) Buatlah bagan keterkaitan antar faktor dalam PBM!
3) Mengapa strategi pembelajaran perlu dikuasai oleh guru?
4) Jelaskan perbedaan pandangan lama dengan pandangan baru tentang peran siswa dalam PBM!
5) Apakah pembelajaran yang baik mesti membutuhkan fasilitas yang lengkap?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 4 - 5
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Memaparkan berbagai pendekatan baru dalam PBM.

I. Indikator
1. Menjelaskan pendekatan kontekstual.
2. Menjelaskan PAIKEM.

II. Materi Ajar
1. Pendekatan Kontekstual
2. PAIKEM

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan kontekstual dan PAIKEM.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang pendekatan contextual dan PAIKEM.
c. Mengobservasi terhadap guru atau dosen ketika mengajar, memberikan komentar berdasarkan pendekatan baru, dan melaporkannya.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Model Mengajar.
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Model2 Pembelajaran Inovatif (Sugiyanto)
- Kegiatan belajar Mengajar yang Efektif (Depdiknas).
- Manajeman Pengajaran Secara Manusiawi (Suharsimi Arikunto).


VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis (dalam mid semester)
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan kontekstual?
2) Sebutkan dua contoh pembelajaran yang telah menerapkan pendekaan ontekstual!
3) Apa yang dimaksud PAIKEM?
4) Bagaimana usaha-usaha yang bisa dilakukan guru untuk menerapkan PAIKEM?
5) Sebutkan contoh pembelajaran dengan PAIKEM!
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 6 - 7
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan konsep dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia.

I. Indikator
1. Memaparkan pendekatan komunikatif.
2. Menyebutkan ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia.
3. Mengidentifikasi SK KD dalam kemampuan berbahasa.
4. Menjelaskan Keterpaduan antar berbagai aspek kemampuan berbahasa.

II. Materi Ajar
1. Pendekatan Komunikatif
2. Ruang Lingkup mata Pelajaran BSI
3. SKKD mata pelajaran BSI
4. Keterpaduan antar aspek dalam

III. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

IV. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan komunikatif dan meringkasnya, dan mendiskusikannya dengan teman dalam kelompok kecil.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang SKKD mapel BI memahami ruang lingkup materi BI.
c. Mahasiswa berdiskusi untuk memetakan keterpaduan antar berbagai aspek dalam pembelajaran BI.
d. Mahasiswa memberi contoh pembelajaran yang memadukan keterpaduan antar aspek tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

V. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Pendekatan Komunikatif (Al Wasilah)
- Pendekatan Komunikatif (Suyono).
- Linguistik Edukasional (Parera).

VI. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis (dalam semester)
1) Apakah yang dimaksud pendekatan komunikatif?
2) Berilah contoh pembelajaran yang menerapkan pendekatan komunikatif!
3) Sebutkan ruang lingkup mata pelajaran BI!
4) Mengapa pembelajaran bahasa perlu dilaksanakan secara terpadu?
5) Bagaimana cara yang bisa dilakukan guru dalam pembelajaran agar siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa yang baik?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,

Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 8 - 9
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit

I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan konsep dasar dalam pengajaran sastra Indonesia

III. Indikator
1. Memaparkan pendekatan apresitif.
2. Mengidentifikasikan SKKD dalam kemampuan bersastra.
3. Memberi contoh pembelajaran sastra yang apresiaif

III. Materi Ajar
1. Pendekatan Apresiatif
2. SKKD dalam kemampuan bersastra
3. Contoh pembelajaran sastra yang apresiatif

IV. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

V. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Mahasiswa membaca referensi tentang pendekatan komunikatif dan meringkasnya, dan mendiskusikannya dengan teman dalam kelompok kecil.
b. Mahasiswa berdiskusi tentang SKKD mapel BI memahami ruang lingkup materi BI.
c. Mahasiswa berdiskusi untuk memetakan keterpaduan antar berbagai aspek dalam pembelajaran BI.
d. Mahasiswa memberi contoh pembelajaran yang memadukan keterpaduan antar aspek tersebut.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

VI. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Membaca, Menulis, dan Mengajarkan Sastra (Suwardi Endraswara)
- SKKD mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Metode Pengajran Sastra (B.Rahmanto)

VII. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan


*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4
d. Contoh ujian tulis
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan apresiatif?
2) Sebutkan 3 contoh kompetensi dasar dalam aspek kemampuan bersastra!
3) Sebutkan 3 contoh materi bersastra!
4) Buatlah contoh pembelajaran puisi dengan pendekatan apresiatif?
5) Apakah guru perlu memberi kebebasan kepada siswa dalam mengapresiasi cerpen?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,

Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum.

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen : Dra. Main Sufanti, M.Hum.
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 502302
Nama Mata Kuliah : Strategi Pengajaran Bhs& Sastra
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Gasal)
Pertemuan : 10 - 11
Alokasi Waktu : 2 x 100 menit


I. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkannya dalam mengelola pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Menyusun strategi pengajaran kemampuan berbahasa

III. Indikator
1. Menyebutkan berbagai metode mengajar.
2. Menyusun skenario pembelajaran BSI dengan menerapkan berbagai metode
3. Mempraktikkan pembelajaran dengan menerapkan metode tertentu.

IV. Materi Ajar
1. Berbagai metode mengajar
2. Skenario pembelajaran
3. Praktik mengajar

I. Metode dan Strategi Perkuliahan
1. Diskusi 5. The Power of Two
2. Pemodelan 6. Inkuiri
3. Tanya Jawab 7. Jigsaw
4. ceramah 8. Tugas

II. Tahap Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Menkondisikan kelas untuk siap belajar.
b. Penyampaikan kontrak kuliah.
c. Apersepsi dengan mengaitkan pengalaman mahasiswa dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Meringkas buku tentang berbagai metode mengajar.
b. Berpasangan untuk menemukan keunggulan dan kelemahan masing-masing metode.
c. Berdiskusi dalam kelompok kecil memilih metode yang sesuai dengan pembelajaran bahasa, menyusun skenario, dan mempraktikkannya di kelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Mahasiswa dan dosen menyimpulkan isi pembelajaran, dosen memberi penegasan-penegasan tentang materi yang sudah dipelajari.
b. Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi.
c. Dosen menyampaikan saran-saran dan tugas akhir sebagai bahan pengayaan.

III. Alat/Bahan/Sumber Bahan
1. Alat Pembelajaran:
- Power Point
- LCD
2. Sumber Belajar:
- Standar Isi KTSP mata pelajaran BSI.
- Membaca, Menulis, dan Mengajarkan Sastra (Suwardi Endraswara)
- SKKD mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Metode Pengajran Sastra (B.Rahmanto)

IV. Penilaian
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Proses : keaktifan
b. Hasil : ujian tulis
2. Kriteria Penilian
a. Skor maksimal 4
b. Mahasiswa dianggap mencapai kompetensi jika minimal nilai 2.
c. Form penilaian proses sebagai berikut.
No. Nama Bobot ide keaktifan keseriusan Orisinalitas gagasan

*Nilai maksimal masing-masing aspek 4, maka skornya jumah keseluruhan dibagi 4

d. Contoh ujian tulis
1) Apa yang dimaksud dengan pendekatan apresiatif?
2) Sebutkan 3 contoh kompetensi dasar dalam aspek kemampuan bersastra!
3) Sebutkan 3 contoh materi bersastra!
4) Buatlah contoh pembelajaran puisi dengan pendekatan apresiatif?
5) Apakah guru perlu memberi kebebasan kepada siswa dalam mengapresiasi cerpen?
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan, Dosen Penanggung Jawab Perkuliahan,


Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. Dra. Main Sufanti, M.Hum

Tidak ada komentar: